Payudara Terasa Panas, Waspada Gejala Mastitis !!

Payudara Terasa Panas – Payudara terasa panas merupakan hal yang sering terjadi, terutama pada ibu menyusui. Namun meski sering terjadi, namun hal ini tetap harus diwaspadai. Payudara terasa panas bisa saja hal ini merupakan pertanda dari gejala mastitis. Beberapa wanita yang baru saja melahirkan dan sedang menyusui biasanya mengalami rasa tidak nyaman pada bagian payudara. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan pada payudara ketika wanita mulai menyusui. 

baca juga : Waspada mastitis pada ibu hamil

Payudara Terasa Panas

Meski begitu, terkadang ada juga beberapa perubahan aneh seperti payudara yang membengkak atau meradang bisa juga akibat infeksi. Biasanya infeksi yang sering menyerang payudara pada saat menyusui biasanya disebut dengan mastitis. Mastitis itu sendiri merupakan suatu kondisi yang diakibatkan oleh adanya infeksi pada saluran payudara. 

BACA JUGA :  Demam pada ibu menyusui 

Dari hasil penelitian, mastitis biasanya terjadi pada 10 % sampai 33 % ibu yang menyusui. Dan peradangan ini sangat jarang sekali terjadi pada wanita yang tidak menyusui. Mastitis biasanya menyerang ibu menyusui pada trimester awal, namun bisa juga terjadi pada saat proses menyusui yang sudah berjalan lama. Meskipun begitu, mastitis tidak menghalangi ibu utuk menyusui bayinya. 

Berdasarkan dari hasil penelitian, terdapat dua jenis mastitis yaitu mastitis non-infeksi dan infeksi mastitis. Mastitis non infeksi disebabkan oleh air susu yang tidak bisa keluar, hal ini disebabkan karena adanya kelenjar susu yang tersumbat. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan menyebabkan infeksi mastitis. 

Adapun beberapa gejala mastitis seperti : 

  • Payudara menjadi berwarna merah 
  • Bagian yang terinfeksi oleh mastitis menjadi sakit saat disentuh 
  • Payudara yang terkena mastitis akan terasa panas atau hangat ketika disentuh
  • Sensasi terbakar pada payudara 

bahkan selain gejala diatas, adapun beberapa gejala lainnya yang sering timbul seperti : 

  • Cemas
  • Demam 
  • Dan juga lelah

Jika anda merasakan gejala-gejala seperti diatas, maka sebaiknya segeralah untuk memeriksakannya lebih lanjut. Meski infeksi mastitis tidak begitu berbahaya, namun sebaiknya tidak boleh diremehkan. 

Dan itulah sekilas informasi mengenai payudara terasa panas, semoga informasinya bermanfaat dan sampai jumpa. Salam sehat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *