Demam Pada ibu Menyusui, Waspada Penyakit Mastitis

Demam Pada Ibu Menyusui – Bagi ibu menyusui, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu mastitis. Mastitis merupakan kondisi dimana sering menyerang ibu hamil yang menyebabkan penyumbatan pada saluran susu. Hal tersebut terjadi karena adanya infeksi pada payudara, sehingga menyebabkan penyumbatan pada puting susu. 

Biasanya mastitis terjadi pada wanita masa awal menyusui, biasanya pada awal masa menyusui hingga 12 bulan pertama. Mastitis disebabkan karena adanya bakteri yang menginfeksi jaringan payudara melalui luka puting atau bahkan saluran susu. Tidak hanya disebabkan oleh bakteri saja, mastitis juga bisa disebabkan karena adanya penyumabatan pasa saluran ASI, Sehingga hal ini mengakibatkan payudara bengkak saat menyusui

Demam Pada Ibu Menyusui, Waspada Penyakit Mastitis
Demam Pada Ibu Menyusui, Waspada Penyakit Mastitis

Demam itu sendiri merupakan suatu kondisi dimana mengalami kondisi suhu tubuh yang naik, atau meningkat menjadi lebih tinggi, sehingga dapat menyebabkan pusing atau sakit kepala. Hal tersebut terjadi karena tubuh sedang berusaha melindungi tubuh dari virus maupun patogen yanng akan masuk pada tubuh. 

Adapun beberapa penyebab demam pada ibu menyusui : 

Mastitis 

Mastitis merupakan suatu kondisi yang menyebabkan demam pada ibu menyusui. Dimana kondisi tersebut disebabkan karena infeksi pada payudara. Biasanya gejala yang timbul yaitu perubahan warna pada air susu. Pada saat ibu menyusui terserang kondisi ini, maka akan menyebabkan demam yang disertai dengan mengigil. 

Payudara Bengkak 

Payudara bengkak biasanya sering ditemukan pada ibu yang sudah melahirkan. Kondisi tersebut akan muncul setelah hari ketiga atau hari ke empat setelah melahirkan. Biasanya gejala yang sering muncul yaitu demam, nyeri, Payudara sering terasa penuh. 

Abses Payudara 

Abses payudara merupakan kondisi radang payudara yang disebabkan karena adanya peradangan atau perlukaan didalam payudara. 

Mengalami Flu 

Saat Flu menyerang ibu menyusui, maka ibu akan mengalami demam, pusing, sakit kepala, bahkan meriang, dll. 

Adanya Penyakit Amandel

Amandel merupakan suatu penyakit radang tenggorokan yang dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan, ibu hamil pun dapat mengalami amandel. Amandel pada ibu menyusui akan menyebabkan demam tinggi, demam mengigil, tenggorokan sakit, hingga mengalami nafsu makanan yang berkurang. 

Sebenarnya, demam pada saat ibu menyusui bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, serta demam yang dirasakannya pun tergantung dari penyebab tersebut. Untuk itu, menjaga kesehatan pada sata menyusui sangat penting dilakukan, hal ini bertujuan untuk menghindari jenis penyakit yang dapat menyerang pada tubuh kapan saja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *