Cara Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyusui

Cara Mengatasi Payudara Bengkak – Pembengkakan pada payudara saat menyusui merupakan hal yang umum terjadi, Biasanya pembengkakan sering terjadi pada ibu yang tidak bisa memberikan ASI kepada bayi dengan alasan-alasan tertentu.

Payudara yang mengalami pembengkakan biasanya akan menimbulan rasa nyeri, keras, payudara penuh, serta payudara membesar. Biasanya kondisi ini terjadi dihari pertama saat melahirkan. Kondisi ini membuat timbulnya rasa tidak nyaman pada payudara, apalagi ditambah dengan menyusui bayi. Tentunya hal tersebut menimbulkan penyebab nyeri payudara saat menyusui

Jika payudara mengalami pembengkakan, maka segeralah untuk mengatasinya. Jika pembengkakan pada payudara tidak segera diatas, maka akan menimbulkan pembengkakan dan rasa nyeri yang lebih lama lagi. Nah, jika saat ini anda sedang mengalami pembengkakan pada payudara, kami akan memberikan solusi Cara Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyusui. Simak informasi berikut ini : 

Cara Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyusui

Cara Mengatasi Payudara Bengkak

Pemberian ASI secara rutin

Cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui yang pertama yaitu pemberian ASI secara rutin. Meski payudara terasa sakit, namun hal tersebut tetap harus memberikan ASI kepada bayi. Dengan pemberian ASI secara rutin, payudara tidak akan mengeras yang diakibatkan karena ASI yang penuh. Dengan begitu, akan membantu pengosongan payudara yang penuh dan menghindari terjadinya pembengkakan pada payudara. Meski menyakitkan, namun hal tersbut wajib untuk anda lakukan. 

Mengopres Payudara 

Jika terjadi pembengkakan pada payudara, segeralah mengompresnya dengan menggunakan air hangat sebelum menyusui, dan kompres menggunakan air dingin sesudah menyusui. Sebelum anda menyusui, alangkah baiknya mengompres payudara terlebih dahulu, atau mandilah dengan menggunakan air hangat. Atau anda juga dapat mandi terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat, lalu pijat secara perlahan untuk mengeluarkan sedikit air susu. 

Memerah ASI 

Langkah selanjutnya yaitu dengan memerah ASI, Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pengeluaran ASI ketika payudara membengkak dan mengeras. Anda juga bisa menggunakan pompa ASI untuk membantu meringankan payudara. 

Pijat pada bagian payudara yang terasa sakit 

Pijatlah payudara secara perlahan pada area yang sakit, hal tersebut untuk memperlancar sirkulasi darah ASI. Jika haol tersebut tetap saja diabaikan tanpa segera melakukan penanganan, maka kemungkinan besar akan menimbulkan penyakit yang baru yang akan membahayakan tubuh. 

Memakai Bra yang nyaman 

Saat mengalami pembengkakan pada payudara dan merasakan sakit, disarankan untuk memakai Bra yang besar dan pas. Dan pakailah bra yang membuat anda lebih merasakan nyaman, dan sebaiknya pakailah bra yang khusus untuk menyusui. 

Itulah beberapa tips-tips yang bisa kami sampaikan untuk mengatasi payudara bengkak pada saat menyusui, semoga bermanfaat dan terimakasih. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *